Friday, July 06, 2007

Batoum Pilih Persikabo

Batoum Pilih Persikabo

Batoum Pilih Persikabo [Photo]MALANG - Keinginan Arema untuk memiliki Batoum Roger pada putaran kedua nanti kemungkinan besar tidak bisa menjadi kenyataan. Striker asal Kamerun tersebut, Jumat kemarin, dikabarkan sudah bertemu dengan manajemen Persikabo Bogor untuk negosiasi kontrak. Bahkan, pertemuan antara Batoum dan Persikabo sudah mengarah kepada deal kontrak.

"Kelihatannya Batoum sudah kontrak dengan Persikabo. Kemarin agennya sudah membawa Batoum ke Persikabo," kata Francis Yonga, teman dekat Batoum, kemarin.

Dengan adanya pertemuan antara Batoum dan Persikabo, Yonga memprediksi 90 persen rencana mantan bomber Persija tersebut bergabung dengan Arema akan menemui kegagalan. Sebab, Batoum tidak akan mengecewakan iktikad baik Persikabo yang sangat menghargainya. "Sebenarnya Batoum ingin bergabung dengan Arema. Tapi, dia merasa Arema kurang respek dengan kemampuan yang dimilikinya. Batoum bilang, dia juga tidak ingin menyakiti Persikabo yang berniat baik," ujar mantan gelandang Arema tersebut.

Kurang respeknya Arema bisa dilihat dari niat untuk melakukan seleksi terlebih dahulu. Rencana bergabungnya Batoum berawal dari adanya kespakatan untuk melakukan barter pemain antara Persikota dengan Arema. Singo Edan akan meminjamkan Basile Essa Mvondo kepada Persikota. Sebaliknya Arema bakal mendapatkan Batoum.

Namun, rencana barter berantakan karena Pelatih Arema Miroslav Janu menghendaki Batoum untuk mengikuti seleksi terlebih dahulu. Sedangkan Persikota bisa menerima Essa tanpa melalui seleksi. "Bila Batoum ke Persikabo, rencana barter gagal," sesal Yonga.

Selain disebabkan persoalan harus mengikuti seleksi terlebih dahulu di Arema, faktor lain yang menyebabkan rencana barter kemungkinan berantakan adalah peran agen Mutiara Hitam Sport yang dimiliki Onana Jules Denis.

"Agennya (Onana) menghendaki Batoum bergabung dengan Persikabo. Dia yang mengarahkan Batoum ke Persikabo. Biasalah, agen pasti mempunyai kepentingan tersendiri," tambahnya.

Secara pribadi, sebagai teman Batoum, Yonga sangat berkeinginan agar sahabatnya bisa bergabung dengan Arema. Sebab, dia mengetahui Arema sebagai tim besar yang mempunyai materi pemain bintang dan fasilitas memadai. "Saya ini mantan pemain Arema. Jadi saya bisa mengetahui kondisi Arema. Tapi saya hanya temannya, bukan agennya," lanjut dia.

Asisten Manajer Arema Muhammad Taufan mengakui, hingga saat ini Batoum masih belum datang ke markas Arema untuk mengikuti latihan. Hanya, Taufan enggan memberikan jawaban ketika ditanya penyebab belum datangnya mantan bomber Happy Valley Hongkong itu.

Taufan juga tidak mau memberikan keterangan lebih detail mengenai keinginan Batoum yang mau langsung dikontrak tanpa mengikuti seleksi. "Untuk masalah itu, saya tidak mau komentar lebih jauh," tandas dia. (fir/jpnn)

No comments: