Friday, July 06, 2007

Ouadja Lantame Sakibou


Ouadja Dibanderol Rp 700 Juta
Makassar, Tribun -- Pemain asal Togo, Ouadja Lantame Sakibou, memasang banderol cukup tinggi buat PSM Makassar. Menurut informasi, ia meminta nilai kontrak sebesar Rp 700 juta untuk setengah musim (enam bulan).
Namun mantan Kapten Timnas Togo p
ada babak kualifikasi Piala Afrika 1998 dan 2002 ini tak meminta fasilitas apapun.
Ia siap tinggal di mes Ayam Jantan dari Timur di Jl Taman Makam Pahlawan, Panaikang, bersama pemain lainnya.
Menanggapi besarnya harga yang diminta Ouadja tersebut, pengurus PSM menyatakan siap melakukan negosiasi.
Rencananya, negosiasi akan dilakukan pada Kamis (14/6) di Makassar.
Ouadja akan didampingi agennya, Denis Onana Jules, dari Mutiara Hitam.
Menurut Asisten Manajer PSM Bidang Keuangan, Suhardi Hamid, harga yang diminta Ouadja termasuk mahal.
Jika permintaan tersebut disetujui, pemain yang bisa bermain sebagai stopper dan gelandang bertahan itu akan menjadi pemain termahal di PSM.
"Tapi kita tunggu dulu Onana untuk buka harga pertama. Kita akan berusaha menawar dengan harga serendah mungkin," ujar Suhardi, Selasa (12/6).
Jika lolos tes kesehatan pagi ini dan nilai kontraknya sesuai permintaan PSM, Ouadja direncanakan akan diikat selama satu setengah musim.
Itu artinya ia akan berk
ostum PSM hingga musim depan bersama dua pemain PSM asal Togo yang sudah bergabung sebelumnya, Ali Khaddafi dan Nomo Teh Marco.
Sebagai perbandingan, Ali dihargai sebesar Rp 850 juta selama satu musim, Nomo Rp 650 juta.
Sementara striker asal Paraguay, Aldo Baretto, dibayar Rp 750 juta plus fasilitas rumah dan mobil.
Pikat Suporter
Ouadja sudah melakoni latihan perdananya bersama Tim Ayam Jantan dari Timur, Selasa (12/6) sore, di Stadion Mattoanging Andi Mattalatta.
Kehadiran Ouadja menarik perhatian suporter PSM. Ratusan pendukung fanatik PSM hadir untuk menyaksikan langsung aksi perdana pemain berusia 30 tahun itu.
"Saya sangat penasaran ingin melihat Ouadja dari dekat. Dia kan pemain kelas dunia yang pernah main di kualifikasi Piala Dunia. Pemain ini sudah lama saya tunggu-tungu" kata Jamaludin, suporter PSM warga kompleks Telkom Mas, Makassar.
Para suporter rela berdiri berdesak-desakan untuk melihat langsung penampilan Ouadja.
Mereka pun berebut untuk mengerumuni dan menyalaminya.
Seperti pemain PSM lainnya, Ouadja bersama-sama mengikuti pemanasan. Ia bahkan langsung diikutkan dalam game dengan memakai lapangan penuh.
"Ini adalah latihan pertama. Saya melihat teman-teman di PSM bagus-bagus. Mereka punya semangat yang tinggi saat latihan," kata Ouadja usai mengikuti latihan.
Saat digelar game, Ouadja masuk dalam kelompok kedua. Dia dipasang sebagai gelandang bertahan.
Meski tampak masih kaku mengikuti irama permainan dan gerakan pemain lainnya, namun secara individu penampilan sangat memikat.
"Saya masih punya kendala tidak mengerti bahasa kawan-kawan yang lain. Tapi itu tidak lama, saya pasti cepat beradaptasi dengan tim," ujarnya.
Pertahanan Tangguh
Pengurus PSM yang juga hadir menyaksikan penampilan perdana Ouadja optimistis calon pemain yang sebentar lagi dikontrak itu tidak mengecewakan.
"Kalau dilihat dari caranya bermain tergambar dia pemain yang pengalaman. Karakternya tenang dan gaya bermainnya juga simpel," kata Asisten Manajer Bidang Teknik, Yopie Lumoindong.
Menurutnya, karakter bermain Ouadja cocok dengan konsep permainan yang ingin diterapkan PSM di putaran kedua nanti.
"Dia bisa berposisi sebagai stopper yang tangguh bersama Nomo Teh Marco. Mereka berdua memiliki karakter bertahan yang bagus. Tapi juga bisa membantu serangan dengan memberikan long pas langsung ke pemain depan," ujar Yopie.
Rekan senegara Oudja, Nomo Teh Marco menyambut gembira bergabungnya Ouadja di PSM.
"Saya senang sekali Ouadja bergabung di PSM. Kalau dia nanti berpasangan dengan saya di belakang juga bagus. Saya dulu pernah sama-sama menempati posisi itu," kata Nomo.
Jika Ouadja jadi bergabung dengan PSM, diharapkan barisan belakang PSM akan menjadi kokoh dengan penjagaan dua mantan pemain Timnas Togo ini.
Selama ini barisan belakang PSM masih sering tidak kompak dan menjadi titik lemah PSM hingga mudah dilewati lawan.


agenda ouadja
* Rabu (13/6): Tes kesehatan
* Kamis (14/6) Siang: Negosiasi kontrak dengan PSM. Ouadja akan didampingi agennya, Denis Onana Jules (Mutiara Hitam)
* Kamis (14/6) Malam: Jika deal, Ouadja diperkenalkan resmi di Stadion Mattoanging sebelum partai PSM vs Persiwa Wamena (cr6/mih)

No comments: